Mengenal Apa Itu Laporan Laba Rugi dan Unsur-unsurnya

  • by
laporan laba rugi

Laporan laba rugi menjadi salah satu bagian laporan keuangan yang cukup vital. Pasalnya dalam laporan ini dapat dilihat bagaimana keberhasilan dalam operasional perusahaan. Jadi mengenal apa itu laporan laba rugi menjadi satu hal penting saat ingin memahami lebih jauh tentang kondisi perusahaan serta keberhasilan operasional perusahaan. 

Untuk itu di sini akan dijelaskan terkait dengan laporan laba rugi serta unsur-unsur yang ada di dalamnya. Jika ingin mengetahui lebih lengkap sebaiknya menyimak materi akuntansi yang ada di bawah ini.

Memahami dan Mengenal Apa Itu Laporan Laba Rugi

Ada banyak yang berusaha mendefinisikan laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang memuat tentang kinerja keuangan perusahaan dalam masa periode akuntansi tertentu.

Berbagai informasi dapat diperoleh dari laporan ini. Mulai dari jumlah biaya yang selama ini dipakai untuk kegiatan operasional hingga laba yang diperoleh dari kegiatan operasional. 

Adanya laporan ini sangat penting bagi perusahaan. Salah satunya adalah seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu guna mengerti bagaimana kondisi perusahaan termasuk bagaimana progress perkembangan perusahaan. Dari sana kondisi laba atau rugi perusahaan juga dapat terlihat.

Ragam Unsur yang Hadir di Laporan Laba Rugi

Tadi sudah banyak dijelaskan tentang apa itu laporan laba rugi. Tentunya ini akan membuat anda semakin mengenal apa itu laporan laba rugi. Di dalam laporan laba rugi juga ada beberapa unsur yang hadir, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Keuntungan

Keuntungan menjadi salah satu unsur yang terdapat dalam laporan laba rugi. Ini merupakan peningkatan pada aktiva lain yang hadir dalam perusahaan. Selain itu keuntungan juga dapat diartikan sebagai hitungan harta bersih yang didapat dari sebuah transaksi yang terjadi.

  1. Kerugian

Jika pada keuntungan ada kenaikan harta bersih yang terjadi pada laporan laba rugi justru sebaliknya. Dalam unsur kerugian yang terjadi adalah penurunan harta bersih yang diperoleh dari adanya transaksi.

Penghapusan harta yang disebabkan oleh bencana alam sampai dengan kerusakan juga dapat diartikan sebagai kerugian. Di sisi lain kehilangan harta yang disebabkan oleh pencurian juga termasuk dalam kerugian.

  1. Beban

Beban menjadi unsur selanjutnya hadir dalam laporan laba rugi. Apa yang dimaksud beban sendiri merupakan sebuah arus keluar yang terjadi dalam periode akuntansi tertentu karena kegiatan operasional perusahaan.

Beban meliputi berbagai hal. Sebut saja beban gaji, penyusutan sampai dengan beban sewa. Bahkan harga pokok penjualan juga teramasuk ke dalam beban.

  1. Pendapatan

Berkebalikan dengan beban, pendapatan merupakan arus masuk yang disebabkan oleh terjadinya berbagai macam kegiatan operasional perusahaan. Tentunya pendapatan ini dihitung dalam satu periode akuntansi.

Ada banyak bentuk dari pendapatan. Untuk yang paling umum misalnya bunga dapat terhitung sebagai pendapatan. Selain itu juga honor sewa juga dapat terhitung sebagai pendapatan.

  1. Pajak

Secara umum memang keempat unsur di ataslah yang biasa ditemui dalam pembahasan seputar unsur laporan laba rugi. Namun, selain itu ada yang mengkalsifikasikan unsur laporan laba rugi menjadi 11 unsur, pajak adalah salah satunya.

Pajak sendiri merupakan kontribusi yang harus dibayarkan atas tanah, perusahaan, penghasilan serta berbagai sumber lain. Kontribusi ini ditujukkan pada pemerintah untu kemudian dikelola dan digunakan untuk kepentingan umum.

Laporan laba rugi memang dianggap sebagai salah satu bagian laporan keuangan yang cuku penting. Pasalnya dari laporan laba rugi, kondisi keuangan perusahaan sedang dalam kondisi untung maupun rugi dapat dilihat di sini. Lebih mengenal apa itu laporan laba rugi tentu akan membantu untuk memahami bagaimana kondisi keuangan perusahaan dari sisi laporan laba rugi. 

Tags: